Thursday, October 19, 2006

Koepoenya Perpustakaan




Koepoe-Nya Perpustakaan

Adalah wajah lain dari perangkat lunak untuk perpustakaan Athenaeum Light 6.0. Beberapa masukkan dari kolega dan peserta training di 2 kota Jakarta dan Surabaya, telah menguatkan hasrat untuk memperbaiki tampilan, menu dan kekurangan pada versi sebelumnya.


Sebagai aplikasi gratisan yang murah meriah, ternyata Athenaeum juga memberi peluang kepada pemakai untuk melakukan modifikasi sesuai kebutuhan, bahkan kesempatan untuk mengembangkan perangkat lunak sederhana yang jauh dari anggapan "canggih" ini tidak tercekat pada jenis database bibliografi saja.

Fasilitas OLE , ODBC [open document conectivity] dan JDBC yang diberikan oleh Filemaker sebagai base program, memberi peluang untuk merubah aplikasi open script ini lebih kaya, dengan kemungkinan untuk membuat full text bahkan multimedia database.

Athenaeum cocok untuk siapa ?

Selain cepat simpel dan mudah, aplikasi ini mampu menghandel data secara optimal pada kisaran 2 giga byte, atau bisa di setarakan dengan 200 ribu record [tanpa image] . Sehingga perpustakaan umum, khusus, sekolah maupun pribadi dengan koleksi dibawah itu tak perlu ragu untuk mencoba memakai perangkat ini.



Dibangun dari Filemaker yang multi platform, memungkinkan perpindahan data dari dan ke berbagai format [txt.dbf.xls.sylk.lotus123, ect] secara mudah dan cepat. Menyandingkan Athenaeum sebagai partner aplikasi lain yang telah dikenal sebelumnya seperti winisis atau aplikasi web base bukanlah hal yang tabu dan menyulitkan.



Kebutuhan perangkat dan tenaga

Cukup disediakan yang serba satu 1 komputer dengan hardisk 1 giga, bekerja pada OS windows walau hanya pakai pentium 1, sehingga cukup 1 librarian yang ngerti Ms Office untuk handel 1 perpustakaan dengan layanan one-stop service. Tentu saja ini syarat minimal, semakin tinggi spesifikasi komputer tentu lebih baik.



Harap maklum saja bila aplikasi ini belum bisa menjawab semua kebutuhan perpustakaan akan otomasi dan digital library. Tetapi minimal perangkat gratisan ini bisa jadi alat bantu ,pengolah data, sirkulasi, utility dan evaluasi perpustakaan, khususnya yang sering gigit jari karena tidak didukung sdm bidang komputer yang mumpuni dengan anggaran cekak bahkan sering sunyi dan sepi.




Anda ingin mencoba seberapa mudah apliaksi ini

silahkan donload versi Unyil atau Koepoenya

3 Comments:

Blogger Matahari-Odi said...

Mau tanya, saya dah coba buat nginstall. Tapi waktu ditanyain passwordnya, saya masukin 'merdeka kok gak mau ya, maunya cuma 'user' dong. Kalo gini, saya mau entri data perpus saya caranya gmn?

11:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

mas-mas nya KALI CREW....
saya download yang KUTCHING koQ ga Bisa yah....?
Ken apa Tuh

1:44 AM  
Blogger mustafa said...

saya juga mau donlod versi kucing kok gak bisa ya? oya bagai mana cara meng instal Athenaeum Light 6.0 ke komputer.. terima kasih

11:07 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home